Keindahan Bogor yang Tersembunyi!

shares |



Tak perlu jauh-jauh apabila kalian ingin liburan sejenak untuk melepaskan penat yang memberatkan pikiran. Untuk kamu yang tinggal di Jakarta, salah salah satu opsi tempat liburan yang paling terkenal adalah Bogor. Ada beragam tempat wisata Bogor yang bisa kalian hampiri untuk sekedar mencari suasana baru. Udaranya yang sejuk serta pemandangan yang indah terhampar di kota berjuluk Kota Hujan ini.
Bogor bertempat di ketinggian 190 sampai 330m dari permukaan laut. Hal ini mengakibatkan suhu udara rata-rata relatif sejuk, mencapai 26oC, dengan kelembaban udara hampir 70%. Sedangkan suhu paling rendah rata-rata mencapai 21,8oC, dan ini kerap kejadian di bulan Desember dan Januari. Selama setahun, rata-rata Bogor diguyur hujan sebanyak 176 kali. Ini dia asal Bogor dijuluki kota hujan.
Bertempat di kaki Gunung Salak dan juga Gunung Gede mengakibatkan keadaan tanah di Bogor sangat kaya. Iklimnya yang unik bahkan mengakibatkan Pemerintahan Kolonial Belanda pada zaman dahulu menjadikan Bogor menjadi pusat penelitian tanaman dan pertanian yang sampai sekarang masih berjalan.
Tetapi sangat disayangkan, karena Bogor dekat dengan ibu kota, ramai orang yang berlibur ke daerah Bogor di masa liburan atau akhir pekan. Alhasil, Bogor menjadi macet dan padat sehingga liburan jadi tidak menyenangkan. Jangan khawatir, kalian masih bisa menikmati lokasi-lokasi wisata Bogor berikut. Pasalnya, lokasi-lokasi ini jarang ada orang yang tahu dan masih asli. Selain itu, untuk masuk ke lokasi-lokasi ini bisa dibilang masih murah. Lokasi mana saja?

1. Situ Gede
Lokasi ini mungkin sedikit tidak asing untuk kalian yang tinggal di kawasan Bogor. Pasalnya, banyak orang-orang asli Bogor yang mampir ke Situ Gede untuk memancing, berperahu, atau hanya berjalan-jalan di area hutan Situ Gede untuk bersantai. Situ Gede sendiri merupakan sebuah situ atau bendungan besar yang dikelilingi oleh hutan yang masih asri.Disini, kalian bisa piknik di hutan yang terletak di pinggir situ. Bila tidak membawa bekal dari rumah, jangan khawatir, di sekitar situ juga terdapat warung-warung yang menjajakan makanan. Selain piknik, di Situ Gede kalian juga dapat menyewa perahu bebek untuk sekedar menikmati pemandangan serta sensasi berperahu di atas bendungan besar. Cukup mengesankan, bukan?

2. Taman Nasional Gunung Halimun Salak
Untuk kalian yang suka hiking atau hanya untuk sekedar jalan-jalan, mungkin Taman Nasional Gunung Halimun bisa jadi pilihan. Kawasan taman nasional yang berbukit-bukit ini memiliki belasan anak sungai serta sejumlah air terjun. Hutan yang terdapat di taman nasional ini relatif belum pernah dikunjungi oleh manusia. Hamparan sawah serta hijaunya perkebunan di sekitar taman nasional jadi daya tarik tersendiri.Taman Nasional Gunung Halimun ini merupakan surga bagi banyak satwa liar serta tumbuh-tumbuhan. Ratusan jenis burung seperti Elang Jawa, Rangkong, hingga Luntur Gunung dapat terlihat terbang bebas di area taman nasional. Selain itu, sering juga terlihat aktivitas macan tutul dan macan kumbang yang berkeliaran bebas disini.

3. Curug Leuwi Hejo
Kawasan Sentul, Bogor, ternyata terdapat surga terpencil berupa air terjun indah yang sering dipanggil menjadi Curug Leuwi Hejo. Seperti namanya, Curug Leuwi Hejo, air yang ada di lokasi ini berwarna biru kehijauan yang cukup indah apabila dilihat secara kasat mata. Air terjun ini berlokasi di Kampung Wangun Cileungsi, Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Sentul.Akses yang harus kalian lewati untuk masuk ke air terjun ini cukup menantang. Kontur jalan yang sempit, curam, dan berombak cukup menyulitkan apabila kalian tidak memiliki supir yang berpengalaman. Meski demikian, banyak hal unik yang bisa kalian nikmati sepanjang jalan tersebut. Selain penduduk desa yang ramah serta udara yang seju, kalian juga akan dikejutkan dengan aliran air jernih yang muncul dari dalam tanah. Tempat ini bisa menjadi wisata bogor yang rekomended.

4. Air Terjun Bidadari
Masih terletak di wilayah Sentul Paradise Park, air terjun setinggi 75 M ini berdiri megah. Berasal dari mata air di hutan lindung yang ada di atas bukit membuat air terjun ini cocok untuk dijadikan ajang pelepas lelah. Limpahan air yang jatuh dari ketinggian dibuat sedemikian rupa hingga mirip dengan kolam renang.Selain air terjun, kawasan Sentul Paradise Park juga punya kegiatan menarik lain. Kalian bisa merasakan bagaimana serunya bermain perahu tangan atau menguji keberanian di wahana flying fox. Lokasi ini bisa dibilang sangat cocok untuk tempat berlibur keluarga.

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar